Rabu, 09 Februari 2011

INTERNET

SEARCH ENGINE DAN EMAIL


·         Definisi Internet
Internet adalah jaringan komputer dunia yang mengubungkan jaringan-jaringan komputer regional di seluruh dunia
.Di dalam internet terdapat jaringan kerja khusus berisi dokumen-dokumen yang saling berhubungan yang dikenal dengan World Wide Web. WWW adalah fasilitas di internet yang mampu menampilkan informasi secara grafis dan interaktif yang tersusun dari rangkaian hubungan dari satu sumber dengan sumber yang lain di internet dan memungkinkan siapapun untuk berada 24 jam/hari di internet.

Bentuk umum alamat internet atau sering disebut situs internet, Domain Name, dan URL (Uniform Resource Locator) adalah sebagai berikut :
            http://www.namasitus.com
·         http://               : kode jenis layanan di internet
·         www               : kode jaringan global internet (World Wide Web)
·         nama situs       : nama pemilik situs
·         com                 : kode akhiran yang menerangkan situs
Akhiran yang digunakan pada sebuah alamat internet sangat beragam, antara lain:
·         com     : menerangkan situs komersial globlal
·         net       : menerangkan situs layanan internet global
·         edu      : menerangkan situs pendidikan
·         gov      : menerangkan situs pemerintahan
·         mil       : menerangkan situs militer
·         org       : menerangkan situs organisasi
·         tv         : menerangkan situs penyiaran
·         co.id    : menerangkan situs komersial di Indonesia

Bertualang menjelajahi internet melalui layanan web atau lazim disebut surfing merupakan aktivitas di internet paling populer saat ini.Untuk melakukan surfing, kita memerlukan bantuan aplikasi web browser sehingga dapat menghubungkan diri ke sebuah lokasi yang menyajikan sebuah informasi di internet. Umumnya, sebuah situs web dalam menyajikan halaman informasinya menyertakan link untuk mengaitkan halaman tersebut dengan situs lain yang memiliki informasi yang relevan, demikian seterusnya sehingga sebuah topik informasi dapat ditelusuri dan menjadi saling mengait, baik pada situs internet yang sama maupun pada lokasi lain di internet.

Beberapa layanan utama internet yaitu : browsing, searching, email, mailing list (milis), dan chatting.

·         Browsing
Browsing/surfing adalah istilah dalam dunia internet untuk menjelajahi dunia maya internet dengan cara membuka situs-situs website dari seluruh halaman dunia yang terhubung di internet. Browsing dilakukan dengan sebuah software yang dapat digunakan untuk membaca format web (HTML dan HTM) yang umumnya di sebut browser (contoh IE, FireFox, Opera dll).

·         Searching
Sedangkan jika kita mengunjungi situs-situs di internet dengan menggunakan bantuan mesin pencari (search Engine) seperti layaknya mencari buku di perpustakaan berdasarkan daftar katalognya, itulah yang disebut Searching.

Searching dapat kita lakukan dengan memanfaatkan suatu program khusus di internet yang lazim disebut Search Engine.  Search Engine atau mesin pencarian disediakan untuk membantu para pengguna internet menemukan suatu topik atau informasi tertentu dengan cepat dan efektif. Sebuah Search Engine akan menyajikan daftar situs yang sebenarnya adalah sekumpulan link yang akan mengaitkan kita pada situs-situs yang tersaji pada daftar. Sebuah Search Engine kemungkinan besar akan menyajikan data referensi link yang berbeda dengan Search Engine lain untuk sebuah topik pencarian yang sama karena kemampuan kerja masing-masing Search Engine berbeda-beda, tergantung pada keandalan program yang digunakan oleh masing-masing situs.

Selain itu, masing-masing Search Engine juga memiliki karakteristik dan fasilitas yang berlainan. Sebagai contoh, jika kita ingin melakukan pencarian gambar, maka Search Engine Google atau yahoo! Menyediakan fasilitas khusus untuk itu. Jika kita ingin mengoleksi file lagu MP3 secara gratis dari internet, maka Search Engine Altavista akan mencarikannya untuk kita. Akan tetapi, jika kita  ingin memperoleh data atau informasi yang lebih bersifat lokal, maka Search Engine seperti Search Indonesia kemungkinan akan menyajikan referensi yang lebih akurat. Sebagai referensi, berikut adalah daftar situs penyedia Search Engine yang cukup populer.


Tabel  Referensi situs penyedia searchengine

Pencarian Global
Pencarian Lokal

Selain situs Search Engine di atas, kita juga akan menemukan berbagai halaman situs di internet yang menyajikan fasilitas Search Engine maupun link ke salah satu Search Engine populer.

·         Email
Email merupakan pengganti surat-menyurat melalui kertas di dunia maya. Apabila kita perlu mencantumkan nama dan alamat tujuan di surat kertas, maka pada email, nama dan alamat tersebut juga diperlukan, dalam bentuk yang berbeda.

Untuk mengirim email, kita perlu memakai aplikasi KlienMail, sedangkan agar kita dapat menerima email, kita membutuhkan bantuan ServerMail. Selain itu, tersedia pula layanan WebMail: pemakai hanya memerlukan WebBrowser untuk menerima dan membaca, sekaligus menulis dan mengirim email.

·         Mailing List (Milist)
Sifat manusia ingin hidup berkelompok, saling bertukar pikiran, gagasan serta ide, berkeluh kesah, dan sebagainya.Dengan adanya fasilitas internet keinginan di atas dibentuk dalam sebuah komunitas yang disebut newsgroup.Newsgroup adalah kelompok diskusi online yang membahas topic tertentu.

Sebuah newsgroup dapat dibagi menjadi beberapa ragam antara lain : tentang social budaya, pendidikan, komputer, dan lain sebagainya. Salah satu fasilitas internet yang mendukung kenyamanan dalam berdiskusi via newsgroup adalah mailing list (milis). Milis merupakan bagian dari newsgroup yaitu pertukaran nformasi melalui email yang terdaftar sebagai anggotanya. Ada dua jenis milis yaitu :
1.      Milis pengumuman dimana admininstrator mengirimkan email ke anggota dan umumnya otomatis dilakukan ketika pengguna telah melengkapi form registrasi pada milis.
2.      Milis diskusi mengizinkan pengguna atau sekelompok pengguna milis untuk saling bertukar informasi ke satu email atau sekelompok email pengguna milis.

·         Chatting
Istilah komunikasi untuk anak muda melalui internet biasa dikenal dengan chatting. Istilah chatting sebenarnya berasal dari IRC (Internet Relay Chat), di mana seseorang dapat saling berkomunikasi melalui internet dengan menginstall sebuah perangkat bantu. Aplikasi chatting yang banyak beredar hingga saat ini adalah mIRC, Yahoo Messanger, ICQ, Instant Messanger, dll.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar