Rabu, 09 Februari 2011

INTERNET 2

PEMBUATAN BLOG

Weblog atau sering disingkat blog ialah situs internet dimana pemiliknya dapat menuliskan apapu yang menjadi opini atau pandangan pengguna terhadap sesuatu serta catatan harian atau diari
.Blog dapat digunakan untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam benak, pikiran, tujuan dan penggunaannya. Pengguna internet yang membuat atau memiliki blog disebut blogger.

Blog dapat dikatakan sebagai cerminan jati diri dalam internet. Blog berfungsi hamper sama dengan situs pribadi. Namun, membuat blog jauh lebih sederhana dan mudah.Demikian pula memperbaharui blog pribadi, sehingga blog dapat diperbaharui sesering mungkin.

Hal-hal yang dimasukkan ke dalam blog seseorang tidak dibatasi oleh peraturan apa pun karena berupa catatan bebas pengguna. Hal-hal yang seringkali dimasukkan blogger adalah tanggapan tentang suatu keadaan lingkungan atau berita, pengalaman hidup sehari-hari, berbagi pengetahuan yang dirasa menarik, dan masih banyak lainnya.

Saat ini ada beberapa blog yang otomatis dan gratis. Yang populer antara lain Blogger dan Wordpress. Otomatis maksudnya kita tidak perlu paham bahasa pemrograman yang rumit, cukup mengikuti perintah dan menu yang ada sudah bisa membuat web/situs/blog kita.


Langkah Percobaan
1.      Mendaftarkan diri
·         Untuk membuat Blog dibutuhkan account email. Biasanya email yang dipakai dan populer adalah Gmail dan Yahoo. Pada internet browser, bukalah situs www.blogger.com.
·         Jika Anda ingin menggunakan akun gmail Anda untuk mendaftar blog maka isikan Username dan Pasword anda seperti contoh gambar di bawah.
Kemudian klik masuk/enter ke halaman selanjutnya.
·         Jika Anda ingin menggunakan akun email selain gmail maka klik link Buat Blog. Misalkan pada percobaan ini kita akan menggunakan email selain akun gmail.




·         Kemudian masuk ke Halaman 1
Create/Ciptakan account seperti gambar di bawah.
Isi seluruh kolom yang diminta.






Jangan lupa memberikan tanda centang ke kotak persetujuan “Penerimaan Persyaratan”.


 ·         Lanjut ke halaman 2
Beri Judul Blog seperti gambar di bawah.
Sesuaikan judul dengan ketersediaan di Blogspot, apakah sudah ada yang memakai.Judul Blog tidak boleh ada spasi, pakai –(tanda hubung) boleh sebagai pemisah kata.Kalaupun salah atau kurang sesuai, kapanpun kita bisa mengganti judul tersebut nantinya.

·         Lanjut ke Halaman 3.
Pilih Template yang anda sukai dan dirasa cocok dengan isi dan judul postingan anda.
Saran saya pakai type Minima yang minimalis dan mudah dirubah kode2 javascriptnya serta relatif lebih mudah untuk eksperimen menambah nantinya.

·         Lanjut - Blog anda sudah jadi.

·         Klik Link “Mulai Blogging” untuk memulai.
Nah sampai di sini maka Blog anda sudah selesai. Anda tinggal mengatur letak widget/gadget blog Anda sesuai yang diinginkan dengan meng-klik tab “Rancangan”. Kemudian mengklik, menahan, dan memindahkan widget ke posisi yang Anda inginkan.

  
1. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar